Use Case, Activity Diagram & Flow of Event

Use Case Diagram, Activity Diagram dan Flow of Event



Use Case Diagram adalah gambaran grafikal dari beberapa atau semua aktor, use case, dan relasi/interaksi diantaranya yang memperkenalkan suatu sistem

1. Aktor merupakan orang, proses atau sistem lain yang berinteraksi dengan sistem yang akan dibuat. Jadi walaupun simbol aktor dalam diagram usecase berbentuk namun aktor belum tentu orang, melainkan bisa berupa sistem lain.
2. Usecase merupakan fungsionalitas yang disediakan sistem sebagai unit-unit yang saling berinteraksi atau bertukar pesan antar unit ataupun aktor.
3. Relasi merupakan hubungan yang terjadi pada sistem baik antar aktor maupun antar usecase maupun antara usecase dan aktor. Relasi yang digunakan dalam diagram usecase.


Berikut contoh Use Case Diagram Garis Besar Sistem Tagihan dan Pembayaran suatu kampus :

Berikut contoh Use case Diagram Specialization dari Aktor Admin BAU :

Activity Diagram adalah diagram yang digunakan untuk menggambarkan aspek dinamis dari sistem. Activity Diagram pada dasarnya adalah diagram alir untuk mewakili aliran bentuk satu kegiatan dengan kegiatan lain. Kegiatan dapat digambarkan sebagai operasi dari sistem.

Berikut contoh Activity Diagram Tagihan SPP/SKS pada suatu kampus :


Flow of event bertujuan untuk mendokumentasikan alur logika dalam use-case yang menjelaskan secara rinci apa yang pemakai akan lakukan dan apa yang sistem itu sendiri lakukan. Setiap sistem yang dibuat memiliki flow of event yang berbeda-beda, penjelasan pada flow of event berupa penjelasan tentang alur yang terdapat pada use-case.

Berikut contoh flow of event dari generate tagihan SPP/SKS:

1.   Operator BAU memilih jurusan dan angkatan mahasiswa.
2.  Operator BAU memilih periode bayar dan periode akademik.
3.  Operator BAU menginputkan tanggal batas pembayaran
4. Sistem mengambil jumlah SKS (jumlah yang telah dikonfirmasi oleh BAA) yang akan digenerate sesuai periode bayar dan periode akademik yang dipilih
5.  Sistem menampilkan tagihan SPP/SKS yang akan digenerate
6.  Sistem mengenerate tagihan SPP/SKS
Alternatif flow generate tagihan SPP/SKS:
1.   Jika sistem tidak mendapatkan jumlah SKS
1.1 Operator BAU mengirim request konfirmasi ke BAA
1.2 Operator BAU mengulangi langkah no. 1



x

Comments

Popular posts from this blog

State Chart Diagram

Class Diagram